Destinasi Wisata Yang Wajib Anda Kunjungi di Timur Pulau Lombok


Pulau Lombok kini mulai menampakkan dirinya di dunia pariwisata. Bahkan levelnya sudah Internasional. Disamping karena letaknya yang bertekatan dengan pulau Bali dan pulau Komodo, pulau Lombok menyuguhkan keindahan alam yang masih perawan. Pulau lombok memiliki gunung rinjani yang menjadi gunung tertinggi ke tiga di Indonesia dengan ketinggian mencapai 3.726 meter diatas permukaan laut. Pulau Lombok sendiri memiliki luas 5.435 km yang dibagi menjadi empat kabupaten dan satu kota. Yaitu Kota Mataram, Kabupaten Lombok Timur, Kabupaten Lombok Barat, Kabupaten Lombok Tengah, dan Kabupaten Lombok Utara. Tiap-tiap kabupaten dan kota di Lombok memiliki banyak destinasi wisata yang indah. Seperti destinasi wisata di kabupaten Lombok Timur yang akan kita ulas dan kita rinci dengan jelas di bawah ini.

Kabupaten Lombok Timur adalah salah satu Daerah Tingkat II di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang terletak di sebelah timur Pulau Lombok. Ibu kota daerah ini ialah kota Selong. Kabupaten Lombok Timur sejak periode 2018-2023 dipimpin oleh pasangan HM. Sukiman Azmy, MM dan Haji Rumaksi. .Luas wilayah Kabupaten Lombok Timur adalah 2.679,88 km² yang terdiri dari daratan seluas 1.605,55 km² (59,91%) dan lautan seluas 1.074,33 km² (40,09%). Kabupaten Lombok Timur juga terkenal akan berbagai tempat – tempat wisatanya yang indah, salah satunya adalah Pantai Tangsi atau yang dikenal dengan Pantai Pink.

Untuk lebih jelasnya berikut beberapa destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi di Lombok Timur.


Pantai Pink atau Tangsi



Pantai Tangsi atau yang dikenal dengan Pantai Pink di Pulau Lombok,terletak di desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur. Pantai Tangsi merupakan sebuah destinasi wisata yang menarik dan patut untuk dikunjungi karena keunikannya, dan salah satu tujuh pantai di dunia yang memiliki pasir pantai dengan warna pink. Wisatawan yang datang ke Pantai Pink ini dapat melakukan berbagai banyak kegiatan air, seperti snorkeling, memancing, dan menyelam, atau sekedar bersantai-santai dan berfoto-foto di tepi Pantai.


Tanjung Ringgit


Tanjung Ringgit berada di ujung Timur-Selatan Pulau Lombok. Dari Tanjung Ringgit ini para pengunjung juga dapat melihat keindahan Puncak Gunung Rinjani yang menjulang tinggi di kejauhan. Banyak aktivitas yang dapat wisatawan lakukan jika berkunjung ke Tanjung Ringgit ini, seperti berfoto-foto, menikmati sunrise dipagi hari yang sangat indah, serta menyusuri lereng perbukitan yang ada disekitar Tanjung Ringgit ini.


Pantai Kalimantan


Pantai Kaliantan merupakan salah satu kawasan wisata yang terdapat dibagian Kabupaten Lombok Timur tepatnya di wilayah Kecamatan Jerowaru. Selain daya tarik panorama alam pantai Kaliantan, terdapat salah satu Atraksi Wisata yang di Pantai Kaliantan yaitu adanya kegiatan seremonial budaya berupa upacara Bau Nyale, yaitu pesta rakyat untuk menangkap hewan laut berupa atau mencari sejenis cacing laut. Acara ini biasanya berlangsung antara bulan Februari – Maret dimana hampir sebagian penduduk pulau Lombok datang ke pantai ini.

Aiq Temer Waterfall


Air Terjun Jeruk Manis atau yang dikenal dengan Aiq Temer Waterfall terletak di Desa Kembang Kuning Kecamatan Sikur, dekat dengan desa Tete Batu sekitar kaki Gunung Rinjani. Objek wisata ini berada pada ketinggian 600-1000 meter dari permukaan laut. Air terjun ini dikelilingi oleh pemandangan alam yang sungguh luar biasa. Air terjun dikelilingi oleh tumbuhan hijau yang lebat, dan terdapat fauna monyet hitam yang dikenal sebagai penghuni hutan tersebut.

Desa Sembalun



Sembalun merupakan sebuah desa yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang luar biasa. Sembalun merupakan salah satu gerbang menuju puncak Gunung Rinjani dan danau Segara Anak, selain itu sembalun juga mempunyai banyak kebudayaan salah satunya adalah Bale Baleq yang merupakan kebudayaan dari masa lampau yang masih terus dilestarikan sampi sekarang.