Mengenal BPPD Lombok Timur; Strategi, Visi dan Misi



Sebagai salah satu wilayah yang memiliki potensi wisata unggulan tingkat nasional, promosi pariwisata di Lombok Timur dituntut  lebih maksimal. Salah satunya dengan gencar melakukan pembinaan dan pemberdayaan terhadap SDM pariwisata.

Secara umum tugas BPPD sendiri adalah untuk membantu pemerintah dalam mempromosikan pariwisata di NTB, tak terkecuali di wilayah Lombok Timur sendiri. Teknisnya tidak melakukan apa yang dialakukan pemerintah.

Pada dasarnya, BPPD Lombok Timur lebih dianggap sebagai penyeimbang yang melihat pengembangan promosi wisata  dari kacamata dan pemikiran swasta dan pengunjung. Salah satu kegiatan  yang di maksud adalah kegiatan-kegiatan  yang fokus mengenalkan destinasi wisata yang ada ataupun yang baru tereskspose.

Badan Promosi Pariwisata Daerah Lombok Timur merupakan mitra kerja Kementerian Pariwisata yang dibentuk berdasarkan Keppres No. 22 Tahun 2011 tentang Badan Promosi Pariwisata Indonesia, dalam rangka melaksanakan ketentuan Pasal 36 ayat (3) Undang Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan.


BPPD Lombok Timur mempunyai tugas:

  • Meningkatkan citra kepariwisataan Lombok Timur;
  • Meningkatkan promosi kunjungan wisatawan mancanegara dan penerimaan devisa; 
  • Meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan pembelanjaan; 
  • Menggalang pendanaan dari sumber selain APBN dan APBD; dan
  • Melakukan riset dalam rangka pengembangan usaha dan bisnis pariwisata di Lombok Timur..


BPPD Lombok Timur mempunyai fungsi sebagai :

  • Koordinator promosi pariwisata yang dilakukan dunia usaha di Daerah; dan
  • Mitra kerja Pemerintah Daerah. 


Visi BPPD Lombok Timur

Mewujudkan Pariwisata Lombok Timur yang kompetitif dan unggul melalui skema promosi pariwisata yang kreatif, inovatif, dan berbasis kearipan lokal serta berkontribusi meningkatkan kesejahteraan masyarakat